Tags

Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Elohim menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati. (Kisah para Rasul 10:42, ITB)

Ada banyak cara untuk membuktikan bahwa Yeshua Messiah adalah Elohim (God / Allah). Pada artikel ini saya akan membuktikan Yeshua adalah Elohim dari jabatan-Nya sebagai Hakim bagi semua manusia di dunia pada Akhir Zaman.
Yeshua adalah Hakim di Akhir Zaman tertulis pada Alkitab baik di Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru dan juga di Kuran.
Untuk memudahkan Anda mengerti pembuktian ini, baiklah saya mulai dengan pernyataan yang telah diterima secara universal oleh semua agama monotheisme, yakni bahwa ”Elohim Pencipta semesta alam dan isinya adalah satu-satunya Hakim di Hari Kiamat,” lihat Kejadian 1:1 dan Mazmur 24:1.

Berikut ini adalah beberapa contoh ayat-ayatnya:
”Engkau yang menghakimi seluruh bumi, tidakkah Engkau akan berlaku benar?”[1] Ini adalah doa syafaat Abraham kepada Elohim YAHWEH[2] bagi keluarga Lot sebelum kota Sodom dan Gomora dibinasakan-Nya.
“YAHWEH Dialah Elohim Yang Mahatahu, YAHWEH menghakimi ujung-ujung bumi, …”[3]
Tetapi YAHWEH bersemayam untuk selama-lamanya, takhta-Nya didirikan-Nya untuk menjalankan penghakiman. Dialah yang menghakimi dunia dengan keadilan dan mengadili bangsa-bangsa dengan kebenaran.”[4]
Sebab sesungguhnya, YAHWEH akan datang dengan api, … Sebab YAHWEH akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh YAHWEH akan banyak jumlahnya.[5]
Aku YAHWEH, yang meyelidiki hati, menguji pikiran manusia, untuk membalas kepada setiap orang sesuai dengan tingkah lakunya dan sesuai dengan hasil perbuatannya.[6]


Masih banyak ayat-ayat seperti di atas, namun itu sudah cukup untuk mendasari pembuktian saya bahwa Yesus adalah benar Elohim Yang Mahaesa, sebagaimana para rasul dan bahkan Yesus sendiri menyatakannya.

Berikut ini ayat-ayatnya:
“Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Elohim menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.” Ayat ini menyatakan bahwa Adonai Yeshua Messiah telah menugaskan para rasul, rasul Petrus berkata kepada para pendengarnya, ”untuk memberitakan dan bersaksi kepada seluruh bangsa.” Berita dan kesaksian apa yang Yeshua telah tugaskan kepada para rasul untuk disampaikan? Yakni, ”Dialah (Yeshua) ditentukan oleh Elohim untuk menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati!” Ini adalah pernyataan Yesus di Injil Yohanes 5:22-29 kepada sekelompok orang Israel yang tidak percaya kepada diri-Nya bahkan hendak merajam dia dengan batu oleh sebab Yesus telah berkata bahwa Elohim adalah BAPA-Nya (ay 18)
Bapa tidak menghakimi seoragn pun, tetapi Dia telah menyerahkan segala penghakiman kepada Putra (the Son)
”Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, siapa yang mendengarkan firman-Ku, dan percaya kepada Dia yang telah mengutus Aku, ia memiliki hidup kekal dan tidak masuk ke dalam penghakiman, melainkan telah berpindah dari kematian kepada kehidupan.” Ia melanjutkan,
”Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu bahwa saatnya tiba dan sekarang inilah waktunya orang-orang mati akan mendengarkan suara Putra Elohim, dan mereka yang mendengarkan akan hidup.”

Ini sungguh suatu klaim dan pernyataan yang sangat luar biasa dari Yesus! Ia memberi alasan klaim-Nya tersebut, bahwa ”BAPA-Nya telah memberikan otoritas kepada Putra-Nya untuk melaksanakan penghakiman.” (ay. 27)
Ayat 29nya Yeshualah yang memberi pahala kepada semua manusia di Hari Penghakiman; yang baik kehidupan kekal dan yang jahat penghakiman tepat seperti yang tertulis pada Perjanjian Lama di atas; lihat Yeremia 17:10

Tambahan ayat-ayat yang membuktikan bahwa Yeshua adalah Elohim berdasarkan jabatan-Nya sebagai Hakim bagi seluruh manusia:
”Pada hari ketika Elohim menghakimi apa yang tersembunyi dari manusia oleh Yeshua Messiah menurut Injilku.”[7]
”Aku bersaksi dengan sepenuh hati di hadapan Elohim dan Adonai Yeshua Messiah, Dia yang akan segera menghakimi yang hidup dan yang mati …,” Rasul Paulus berkata.[8]
“Takutlah akan Elohim dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air.” Malaikat Elohim berseru dengan suara nyaring kepada penduduk bumi sebelum Hari Penghakiman[9]
Saya tutup dengan ayat-ayat terakhir dari Kitab Wahyu pasal terakhir, berbunyi:
“Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.”
Aku, Yeshua, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang (I am the Root and the Offspring of Dawiḏ, the Bright and Morning Star,).”[10]

Footnotes
1. Kejadian 18:25 terjemahan dari Alkitab Septuagin English (LXXE)
2. Idem, lihat ayat 17, 20-22. TUHAN (ITB) adalah kata pengganti dari “nama” Elohim yang sesungguhnya, yakni YAHWEH, berasal dari huruf “YHWH” (tanpa huruf vokol).
3. 1 Samuel 2:3, 10, ILT
4. Mazmur 9:8-9, ITB. Ayat 7-8 in English versions
5. Yesaya 66:15-16, ITB
6. Yeremia 17:10
7. Kitab Roma 2:16 terjemahan dari Authorised KJV
8. 2 Timotius 4:1
9. Wahyu 14:7, ITB)
10. Wahyu 22:12-13, 16, ITB), Texts Inggris dari versi The Scriptures

“Terlahir untuk memuliakan Adonai Yeshua Messiah dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa” – Joseph Hendry

Advertisements