Tags

, , , , ,

Berharga di mata YAHWEH, kematian atas orang-orang kudus-Nya (Mazmur 116:15)

dr-c-peter-wagner-almarhum

Dr. C. Peter Wagner

Seorang guru dan pemimpin besar dalam dunia Kristianiti telah kembali ke pangkuan Bapa Sorgawi pada tanggal 21 Oktober 2016 pada usia lanjutnya, 83 tahun.

Peter Wagner adalah seorang pemimpin Kristen kaliber internasional untuk bidang misi dan pertumbuhan Gereja, seorang hamba YAHWEH yang tekun bekerja dan selalu siap dibentuk dan berpikiran luas. Beliau adalah penulis dari lebih 70 buku yang sangat berbobot.

Amanat Agung (the Great Commission) telah menjadi pusat dari kehidupanku. Saya telah mendedikasikan diri saya sendiri ke misi pada malam saya diselamatkan ketika saya berumur 19 tahun. Saya telah menghabiskan 16 tahun pertama pelayanan saya sebagai missionari lapangan dan 30 tahun berikutnya sebagai seorang professor misi,” Peter Wagner menulis pada suatu artikel di majalah kristen Charisma di tahun 2012.

Tentang perpindahan pelayanannya sebagai misionari lapangan ke misionari seminari ia berkata: ”Kerinduan hati saya adalah menolong menggenapi amanat Yeshua ’memuridkan semua bangsa.’ (Matius 28:19-20).  Bagaimanapun, waktunya tiba ketika saya harus membuat sebuah pergeseren radikal dalam cara saya menginterpretasikan kata-kata Yeshua tersebut. Sebelumnya, saya telah berpikir bahwa tugas saya adalah pergi ke berbagai negara di dunia sebanyak mungkin dan menyelamatkan jiwa sebanyak mungkin dan menanam Gereja-gereja sebanyak mungkin. Sekarang saya mengambil Amanat Agung lebih bersifat literal ketika itu mengatakan kepada kita bukan untuk kita membuat sebanyak murid-murid secara pirbadi yang kita dapat, tetapi memuridkan seluruh kelompok-kelompok sosial –  seluruh bangsa. Ini adalah theologi Kerajaan.“

Ia pernah menjabat beberapa posisi di Fuller Theological Seminary [FTS], sebagai Wakil Presiden di Charles E. Fuller Institute untuk departemen Evangelism and Church Growth selama 8 tahun (1971-79) sekaligus sebagai professor di School of World Mission  28 tahun lamanya (1971-79). Tambahan dari itu dia adalah pemimpin dan sekaligus pendiri dari Global Harvest Ministries dan pendiri dari Wagner Leadership Institute.

Pada hari ulang tahunya yang ke 80, tahun 2010, ia dan istrinya menyerahkan kepemimpinan Global Harvest Ministries kepada yang lebih muda, Chuch Pierce, yang kemudian merubahnya menjadi ”kerbat anggur kulit yang baru bagi penyelarasan kerasulan” dengan nama Global Spheres, Inc., Chuch Pierce adalah juga presiden dari Glory of Zion International Ministries.

peter-wagner-dan-chuck-pierce-menobatkan-emmanuel-kure-untuk-global-spheres-afrika

Peter Wagner dan Chuch Pierce – Doa Pengutusan bagi Afrika

”Kita perlu sebuah Gereja abad 21 yang didasari pada semua prinsip-prinsip Alkitabiah. Setiap waktu Elohim telah berpindah di dunia melalui sejarah – melalui Gereja Mula-mula, melalui masa (Kaisar) Constanite, melalui Kerajaan Romawi, melalui kolonialisasi Britania ke masa kita saat ini – Dia selalu telah menyediakan kerbat-kerbat anggur kulit yang baru. Yang kita perlukan untuk dirubah masuk kedalam  kerbat-kerbat anggur kulit yang baru tersebut.” C. Peter Wagner berkata

Sedikit perjalanan rohaninya. Setelah pemuda New York ini menikahi Doris. Mereka memiliki tiga anak. 1952 ia lulus dengan gelar master untuk bidang pertanian. Setelah lahir baru ia kuliah theologia di FTS dan mendapat gelar MD tahun 1955. Ph.D-nya dari bidang anthropology ia dapat dari University of Southern California.

Tahun 1955 ia ditasbiskan dan diutus bersama istrinya betugas sebagai missionari di Bolivia, Amerika Selatan selama oleh Conservative Congregational Christian Conference. 16 tahun mereka di Bolivia. Dalam sebuah bukunya, ia akui tugasnya kurang berhasil karena saat itu ia tidak mengerti ”dunia roh.”

Kembali ke Fuller 1971, ia belajar dari Donald A. McGavran, seorang ahli dalam bidang Pertumbuhan Gereja. Dari ini ia mulai terjun ke dalam pelayanan akademi misi. Melalui penelitian-penelitiannya sebagai professor, yang ia dapatkan dari murid-muridnya dilapangan, ia menyimpulkan bahwa ”pertumbuhan Gereja yang berhasil dihasilkan dari kemenangan dalam dunia roh.” Penemuannya ini ia terbitkan dalam bukunya: ”Breaking Strongholds inYour City (1997). Dalam bukunya ini: ia mengajar bagaimana perlunya ”pemetaan rohani” (spritual mapping) pada kota atau wilayah yang ingin kita menangkan.

Ia dan rekannya, John Wimber, mulai mengajar di seminar-seminar topik berthemakan ”tanda-tanda dan mujizat (signs and wonders). Pada awalnya ia mendapat pertentangan keras dari para theolog konservatif. Namun ia jalan terus dan bukti-bukti lapangan hasil pelayanan bekas murid-muridnya ada berpihak kepada pendapat beliau. Buku peperangan rohani C.Peter Wagner lainnya: Prayer Shield dan Warfare Prayer.

C.Peter  Wagner dikenal  sebagai seorang penasehat rohani bagi New Apostolic Reformation (NAR), sebuah gerakan pentakosta atau karismatik yang membawa Gereja Adonai kembali ke jabatan kerasulan dan kenabian seperti pada ajaran Gereja Mula-mula.

 Kotbahnya tentang Amanat Agung (video): NAR “Apostle C. Peter Wagner teaching its key doctrine of Dominionism

Sumber:

“Terlahir untuk memuliakan Adonai Yeshua Messiah dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa” – Joseph Hendry

Advertisements