Tags

, , , , , ,

foto-kota-helsinki-dengan-gedung-tuomio-kirkko

Kota Helsinki dan gedung TuomioKirkko-nya

Mantan Kepala Polisi departemen Narkoba Jari Aarnio menerima hukuman 10 tahun penjara, surat kabar Finlandia berbahasa Inggris, FinlandiaToday, menulis (29/12/2016).

Menurut Pangadilan Wilayah Helsinki, mantan kepala polisi narkoba Helsinki, Jari Aarnio, telah menolong menyelundupkan total 791 kilo ganja dalam drum-drum.

Aarnio dinyatakan bersalah atas enam kejahatan narkoba yang disengaja dan beberapa orang lainnya.

Menurut pengadilan, Aarnio adalah tokoh sentral dalam penyelundupan ganja ke Finlandia selama 2011-2012 – dengan total 791 kilo. Pengadilan mengatakan bahwa Aarnio telah mencampuri penyelidikan polisi pada penyelundupan, dimana ganja tersebut diselundukan ke Finlandia di drum-drum.

Aarnio akan menerima total hukuman 13 tahun. Ia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada bulan September untuk kejahatan yang berkaitan dengan pengawasan peralatan Trevoc, dimana Aarnio mendapatkan keuntungan keuangan dari membeli peralatan dari perusahaan yang ia terlibat di dalamnya.

Sumber lain menulis alasan pengadilan memberi hukuman yang berat kepada kepala polisi ini; Helsinki Times mengutip laporan yang dikeluarkan oleh Pengadilan:

“Kejahatan-kejahatan yang telah dilakukan secara terencana sementara tanpa sadar menyalahgunakan posisi seorang petugas polisi. Para pelanggar juga telah mengamblik keuntungan sistim pengadilan dan langkah-langkah paksa kepolisian. Aktivitas-aktivitas polisi haruslah ada dapat dipercaya dan sesuai hukum khususnya berkaitan dengan ukuran-ukuran rahasia yang seharusnya. Segala tindakan [para pelanggar] telah berkonstribusi mengurangi kepercayaan publik dalam operasi-operasi kepolisian dan karenanya telah merusak seluruh masyarakat.” (30/12/2016).

Tanggal 6 Desember ini, negara Finlandia baru saja merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke-99. Finlandia termasuk di dalam lima negara tertinggi di dunia dalam bebas korupsi dan termasuk 10 negara terbaik untuk hidup, khususnya bagi kaum wanita.

Aksi anti korupsi di negara-negara Skandinavia bukanlah hanya berarti memerangi kerugian keuangan, tetapi juga memberantas penyalahgunaan kekuasaan jabatan. Inilah yang saya pikir salah satu kunci sukses dan kemakmuran dari negara-negara maju: tidak ada seorang pun yang berada di atas hukum dan mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan perorangan atau kelompok tertentu.

Sumber:

“Terlahir untuk memuliakan Adonai Yeshua Messiah dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa” – Joseph Hendry

Advertisements