Tags

, , , , , , ,

Mintalah dari pada-Ku, dan Aku akan memberikan bangsa-bangsa sebagai warisan bagi-Mu, dan ujung-ujung bumi sebagai harta-Mu (Mazmur 2:8)

wisuda-universitas-peking-2016-injil-diberitakan-gambar-dari-shutterstock

Wisuda Universitas Peking; Injil diberitakan di sini

Kebangunan rohani (Kristen) telah dibicarakan puluhan tahun. Kebangunan ini secara menyolok terjadi di bawah bendera bintang merah di awal tahun 1980an, kebangunan rohani ini berlanjut – bahkan lebih kuat dari sebelumnya, sebuah koran Kristen Ristin Voitto melaporkan (Febuari 2017).

Rauno Jalavisto, seorang pensiunan Kondinator Pekerjaan Misi untuk Republik Rakyat Cina (RRC) dari suatu badan misi di Finlandia mengunjungi Cina secara teratur. Pada kunjungan yang terbaru ia telah bertemu dengan banyak pemimpin Kristen yang bercerita tentang kondisi kebangunan rohani.

Persekutuan-persekutuan Rumah sebagai mata bajak

Tiupan-tiupan Roh Kudus telah menguncang tanpa batas-batas geografi di Cina. Bagaimanapun, pada hari-hari pertama kebangunan rohani ini diawali di pedesaan-pedesaan, sekarang orang-orang menemukan Messiah di kota-kota. Gelombang Elohim terkuat membasuh bidang-bidang industri dan para mahasiwa.

“Dalam halnya orang-orang muda, itu telah memuncak sampai ke kampus-kampus dimana Injil berkembang melalui orang-orang muda ke orang-orang muda lainnya. Tambahan, iman telah datang ke kalangan perwakilan bisnis dunia, juga ke pribadi-pribadi yang memilikik posisi-posisi penting seperti dosen-dosen dan dokter­-dokter,” Jalavisto bercerita.

Menurut dia, getaran jantung kebangunan rahoni 80-90 persen terjadi pada gereja-gereja rumah yang tidak terdaftar, yang beranggota sekitar 120 jiwa yang beribadah di gedung-gedung bisnis.

“Orang-orang Cina berbeda dengan kita orang-orang Barat: Mereka berapi-api dan menyebarkan iman mereka. Mereka sungguh-sungguh api hidup yang menyala. Begitulah kebangunan rohani menyebar dari mulut ke mulut,” Jalavisto menyelaskan bagaimana orang Kristen Cina hidup sehari-hari.

Di Barat, dimensi supernatural dilarang dan ilmu pengetahuan adalah ’God’ (Superior, di atas segalanya). Di Cina, orang-orang bertanya-tanya dan mencari-cari apa yang ada di luar  ‘Mikroskope’ (pengetahuan otak). Mereka sangat haus. …

Aniaya Pemerintah Komunis memperkuat kebangunan rohani di Cina

Dua tahun terakhir Pemerintah RRC yang berkuasa, Partai Komunis, mengontrol secara ketat aktivitas keagamaan, mereka berusaha membatasinya melalui hukum baru yang dikeluarkan Oktober 2016. Baru-baru ini surat kabar membicarakan kesulitan-kesulitan orang Kristen di Cina.  ”Saya secara pribadi tidak menyumpai satu orang Kristen pun yang secara politik memprovokasi menentang Pemerintah. Namun saya mengerti ketakutan Pemerintah (Komunis Cina) karenanya melalui perubahan hukum ini mereka berpikir perkembangan kerohanian ini dapat ditahan. Pertengahan Maret ini pembatasan aktivitas keagamaan akan ditambahkan. Orang percaya akan bisa dihukum hanya karena berpartisipasi dalam aktivitas pertemuan-pertemuan kerohanian di luar negara RRC. (Penebalan dari saya; mereka melakukan persis sama dengan orang Kristen Indonesia: bahkan mendukung Pemerintah dalam doa-doa dan pekerjaan baik)

Jalavisto percaya bahwa kondisi yang sulit ini hanyalah menyebabkan satu hal, ”Dimana aniaya bertambah, disitu iman semakin berkembang. Saya telah melihat hal ini terjadi di Cina, ketika Pemerintah berusaha menahan Ekklesia (Gereja dalam arti kumpulan orang-orang Kristen), itu hanya menjadikan Ekklesia bergerak maju semakin kuat,” Jalavisto berkata.

Lihat juga:

  1. Jerman: 743 orang Kristen telah diserang oleh Muslim di kamp-kamp Pengungsi
  2. Sensus Global Pertumbuhan Pengikut Yeshua dari Mantan Muslim

Dimana aniaya bertambah, disitu iman semakin berkembang. Saya telah melihat hal ini terjadi di Cina,” – Rauno Jalavisto, missionari Finlandia untuk RRC

Faktor Penyebab Kebangunan Rohani Kristen di Cina lainnya

Menurut Jalavisto jumlah orang Kristen telah lebih dari 58 juta jiwa di tahun 2010. Tahun 2030 jumlah mereka akan melebihi 247 juta, melebihi orang Kristen di Amerika Serikat. Mengapa bisa begitu cepat perkembangan Kristen di Cina? Ia memberi gambaran, ”Di Barat, dimensi supernatural dilarang dan ilmu pengetahuan adalah ’God’ (di atas segalanya). Di Cina, orang-orang bertanya-tanya dan mencari-cari apa yang ada di luar  ‘Mikroskope’ (pengetahuan otak). Mereka sangat haus. Ketika mereka mendengar tentang Elohim yang hidup dan Messiah misalnya dari teman bisnis, mereka menjadi orang percaya dan membentuk gereja rumah.

Selama 30 tahun Rauno Jalavisto telah mendengar dan melihat kesaksian orang-orang menjadi percaya kepada Yeshua. Ketika benda-benda (patung dan harta benda) tidak dapat memberi jawaban kepada orang Cina, mereka mencari dan menemukan jawaban –  di dalam Yeshua Messiah

Lihat juga:

  1. Menemukan Panggilan Elohim Yang Unik Atas Hidup Anda
  2. Bersukacita pada hal yang benar – yang dikehendaki Adonai (Tuhan)

“Terlahir untuk memuliakan Adonai Yeshua Messiah dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa” – Joseph Hendry

Advertisements