Tags

, , , , ,

Mengetahui Kehendak Elohim dalam hidup kitaIni adalah satu dari pertanyaan-pertanyaan penting yang seorang dapat bertanya. Rasul Petrus dan rasul Paulus memberi langkah-langkah pasti bagi pertanyaan yang penting dan sangat fundamental tersebut.

Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?”  (Kisah para Rasul 2:37)

Inilah adalah suatu pertanyaan ribuan orang di kota Yerusalem yang datang dari berbagai negara untuk merayakan Perayaan tahunan yang Elohim telah tetapkan melalui nabi Musa; pertanyaan ini tepat terjadi di Hari Raya Pentakosta, 50 hari setelah Hari Raya Paskah, 50 hari setelah Yeshua mati tersalib.

”Apa yang harus kami perbuat?” demikian mereka bertanya kepada para rasul

Kehendak Elohim bagi setiap manusia adalah sebagai berikut, sesuai urutannya:

1. Percayalah kepada Yeshua Messiah; yang telah mati tersalib sesuai rencana Elohim (Kis. 2:23), dan dibangkitkan Elohim dari kematian (24-32), sekarang duduk di sebelah kanan Elohim YAHWEH (33-35), yang Elohim sendiri telah menjadikan Yeshua menjadi Adonai dan Messiah (Lord / Tuhan dan Kristus) (36) – inilah yang mereka dengar dari rasul Petrus, sehingga bangkitlah pertanyaa ”Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?”

2. Bertobat dan dibaptis.Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yeshua Messiah untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus,” demikian jawab rasul Petrus yang penuh dengan Roh Kudus (Kis 2:38). ”Bertobat” berarti berbalik arah dalam pola hidup kita 180 derajat, dari perbuatan yang duniawi dan jahat kepada kehidupan yang sesuai ajaran Yeshua dan kebenaran Alkitab. Untuk lebih mendalam tentang Pertobatan baca artikel ini: Pertobatan yang benar dan yang salah. Baptisan adalah tindakan nyata dari keputusan bertobat, pernyataan dimuka umum bahwa ia menjadikan Yeshua Messiah sebagai Adonai dan Juruselamat. Baca artikel Baptisan Air atau Baptisan Selam ini untuk lebih jelasnya. Menerima Karunia Roh Kudus, adalah dikenal sebagai Baptisan Roh Kudus, yakni Roh Elohim tinggal di dalam hidup orang percaya untuk mengajar, memperlengkapi dan menolong orang tersebut menjadi sempurna, lengkapnya lihat ”Baptisan Roh Kudus.”

3. Taat dan bertekun dalam keselamatan yang kamu telah terima. Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu (your own salvation; in English versions) dengan takut dan gentar, … karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya (both to will and to do of His good pleasure)”  (Flipi 2:12a). Ini adalah surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi, sebuah kota penting di Makedonia saat itu (kota Kavala, Yunani modern). Kota yang didirikan oleh Alexander Agung dan diberi nama Philip II Makedonia, nama ayahnya. Nama asli kota ini adalah Crenides (Mata Air, jamak).

  • Adalah kehendak Elohim pada setiap orang benar untuk senantiasa taat pada ajaran Yeshua Messiah.
  • ”Kerjakan keselamatanmu sendiri” di sini bukan berarti bekerja untuk meraih keselamatan, sebab Anda telah dibenarkan dan diselamatkan oleh iman melalui Darah Yeshua di kayu salib, lihat point 1 dan 2. Itu berarti bekerja melalui dirimu sendiri sepenuh hati, jiwa dan kekuatanmu di dalam melayani Adonai yang telah menyelamatkan dan mengasihimu. Langkah berikut bagi orang percaya (yang telah diselamatkan) untuk mengenal kehendak Elohim bagi masa depannya adalah ada setia dan rajin di saat sekarang; Metode Kerajaan Elohim: ”Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar,” Yeshua mewahyukan itu kepada para murid-Nya (Lihat Lukas 16:10-13) – dan lakukan itu ”dengan takut dan gentar”
  • Rancangan Elohim / kehendak Elohim atas umat-Nya adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11). Kita haruslah tidak menuntut Elohim untuk memberikan peta ditil perjalanan panjang masa depan kita, namun kita dapat bergantung dan percaya pada Adonai untuk menjaga perjalanan hidup kita sehingga kehidupan kita menjadi sejalan dengan kehendak-Nya, seperti Firman-Nya berkata: ”Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3:6)

Ayat Alkitab terambil dari Alkitab versi Indonesia Terjemahan Baru, dengan perubahan Nama Yang Disembah disesuaikan dengan versi “Gereja Mula-mula”

Lihat juga:

“Terlahir untuk memuliakan Adonai Yeshua Messiah dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa” – Joseph Hendry

Advertisements